Spesifikasi Ringkasan Kia Rio 2021

Mobil Kia Rio 2021 merupakan salah satu model mobil perkotaan yang menghadirkan kesan menawan dengan bahasa desain yang elegan khas Kia, serta beragam teknologi dan fitur menarik dari hatchback milik Korea Selatan ini.

Spesifikasi Kia Rio

Mesin Kia Rio

Tipe Keppa 1.4L D-CVVT DOHC
Kapasitas Silinder 1.348 cc
Tenaga Maksimal 100 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimal 133 Nm/4.000 rpm
Transmisi 6-percepatan manual dan otomatis
Sistem Penggerak Front-wheel drive

Kaki-kaki dan Suspensi Kia Rio

Suspensi Depan MacPherson strut independent
Suspensi Belakang Coupled Torsion Beam Axle
Rem Depan Discs
Rem Belakang Disc
Ukuran Ban Depan/Belakang 205/45 R17
Velg 17 inci

Dimensi Kia Rio

PxLxT 4.065 x 1.725 x 1.460 mm
Wheelbase 2.508 mm
Ground Clearence 150 mm
Radius Putar 5.1 m

Eksterior

Ubahan baru milik Kia Rio 2019 memberikan kesan modern dan lebih stylish dibandingkan pendahulunya. Mengingat Rio merupakan buah karya pabrikan Korea Selatan, hatchback menawan milik Kia ini menawarkan eksterior bergaya Eropa yang elegan.Grille depan ‘Tiger Nose’ dengan bahasa desain Kia yang berkelis piano black diapit aksen chrome yang menghadirkan kesan mewah bagi Rio. Diapit oleh lampu depan bermodalkan teknologi LED dengan kemampuan Bi-Beam.Fasia depan terasa lebih kalem tanpa lekukan tegas. Bumper bawah dipasangkan dengan kelir piano black dengan grille yang bertugas mengalirkan udara ke kap mesin. Terdapat lampu kabut yang tersisip pada sisi samping disandingkan dengan lekukan yang mengalir ke bumper bawah.

Interior

Dengan harga yang ditawarkan, interior Kia Rio bisa dibilang cukup biasa. Desain dashboard masih dipenuhi dengan material plastik keras. Ada sedikit aksen chrome pada bagian tengah untuk mempermanis tampilannya.Mobil Kia Rio Head unit dengan layar digital bergaya floating terasa cukup kecil dibandingkan pesaingnya. Sistem pengaturan pun sebagian besar masih berupa tombol konvensional. Termasuk tombol kenop AC yang terletak pada sisi bawah head unit.Tapi sistem audio bisa menjadi kelebihan Mobil Kia Rio dibandingkan pesaingnya. Head unit 7 inci sudah mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Apalagi Rio juga mendapatkan 4 speaker dengan 2 tweeter, memberikan kualitas audio yang cukup baik.

Konsol tengah terbagi menjadi pilihan transmisi manual dan otomatis. 

Yang menarik dari Rio adalah kelengkapan fitur dalam kabin. Apalagi New Mobil Kia Rio sudah mendapatkan fiur sunroof yang memberikan kemewahan dan rasa lapang di dalam kabin Ada empat cupholder yang terletak pada door trim serta satu cupholder pada konsol tengah.

Setir berlapis kulit masih menjadi salah satu model Rio bersaing di segmen yang penuh dengan model murah. Namun, tetap berkualitas. Ada tombol pengaturan yang terdapat pada bagian tengah setir. Pengaturannya cukup baik karena sudah menggunakan teknologi tilt dan teleskopik.

Fitur keselamatan dari New Mobil Kia Rio sudah menggunakan 48% Advanced High Strength Stel (AHSS) sert Press-Hot Stamped. Kedua fitur ini meredam benturan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Rangka yang ringan juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Mesin dan Performa

Mesin  Rio

Mobil Kia Rio menggunakan mesin baru berkode Kappa dengan kapasitas 1.4L yang mampu menyembutkan tenaga maksimal hingga 100 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 133 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Keduanya sama-sama menggunakan 6-percepatan yang mengalirkan tenaga ke roda depan guna meminimalisir hilangnya tenaga.

Performa dan Handling Kia Rio

Mobil Kia Rio Performanya cukup baik di jalanan perkotaan yang mendatar. Tapi masih kelelahan ketika ajak menanjak.

Mobil Kia Rio masih cukup nyaman untuk dikendarai. Begitu juga dengan posisi berkendara yang cukup baik di baris depan. Apalagi setir mudah diatur dengan teknologi tilt & teleskopik yang membantu mendapatkan kenyamanan di belakang kemudi.

Konsumsi BBM Mobil Kia Rio

Penggunaan mesin Kappa yang efisien serta kapasitas 1.4L membuatnya menawarkan konsumsi yang cukup rendah.